Kamu Pilih Mana?

tandatanya

 

Jika kawan kita berkelakuan baik maka kita akan ikut baik, tapi kalau kawan kita berkelakuan buruk maka kita akan ikut buruk juga. Kamu pilih yang mana ??

Itulah sebuah pertanyaan dari salah seorang kawan untukku. Dia berpendapat bahwa agar menjadi baik kita harus berkawan dengan orang yang berkelakuan baik pula. Masa sih ?? Apa memang harus begitu ??

Kalau menurutku, belum tentu seseorang yang baik akan menjadi jahat jika ia berteman dengan orang jahat. Begitu juga sebaliknya, orang jahat belum tentu akan berubah menjadi baik kalau ia berteman dengan orang baik. Berkawan dengan siapapun, baik dan buruknya itu tergantung bagaimana kita membawa dan menjaga diri. Jika kita berkawan dengan orang baik maka ambil nilai-nilai positifnya yang belum ada pada diri kita. Kita terapkan pada diri kita, sehingga kita akan menjadi insan yang lebih baik dari sebelumnya. Tapi dengan catatan tetaplah menjadi diri sendiri meski dengan perubahan yang didapat dari orang lain.

Namun, pada saat berkawan dengan orang yang berperilaku buruk, kita harus tetap berperilaku baik. Jangan mengikuti hal-hal buruk yang dilakukannya. Tunjukkan kebaikan. Sesekali beri sedikit nasihat-nasihat kepadanya tanpa terkesan bermaksud mengguruinya. Itu dilakukan jika kita merasa mampu melakukannya dan yakin tidak akan terpengaruh untuk melakukan hal buruk itu. Tapi jika kita merasa tidak mampu maka sebaiknya kita ambil amannya saja, yaitu jaga jarak. Bukan berarti kita harus membencinya. Kita tetap menjaga hubungan baik dengannya tapi ketika ia melakukan hal buruk lebih baik kita menghindar. Dan cara inipun cukup efektif menurutku.

Hehe…
Ini cuma pendapat dariku saja kawan, bagaimana pendapatmu menjawab pertanyaan itu ??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s