Sekilas Tentang Einstein

Albert Einstein seorang terhebat abad 20 dan tak ada tandinganya sepanjang jaman. Termasuk teori relativitasnya, teori khusus relativitas yang yang dirumuskan tahun 1905 dan teori umum relativitas yang dirumuskan tahun 1915 yang lebih dikenal dengan hokum gaya berat Einstein. Teori relativitas Einstein pada dasarnya adalah suatu pendapat matematik yang pasti tentang kaidah-kaidah ilmiah yang sebetulnya relative. Hakikat penilaian subjektif terhadap waktu dan ruang bergantung pada si penganut pendapat ilmiah sebelum ini menganggap bahwa di balik kesan subjektif terdapat waktu dan ruang yang absolute, yang bisa diukur dengan peralatan secara objektif. Teori Einstein ini menjungkir balikkan secara revolusioner pemikiran ilmiah dengan cara menolak adanya sang waktu yang absolute.

Jatuhnya bom atom di Hiroshima dan Nagasaki menyegarkan teori relativitas Einstein yang menyatakan bahwa benda dan energy berada dalam arti yang seimbang, yang dirumuskan E=M.c^2. E menunjukan energy berada dan M menunjukan masa benda, dan c adalah kecepatan cahaya. Karena c=180.000 km/s, maka c^2 sama dengan 180.000 X 180.000, yang merupakan angka sulit karena besarnya. Jika teori Isaac Newton pada dasarnya mudah dipahami, dan ketika konflik dengan teori ilmiah klasik yang diakui pada waktu itu juga mudah mengajukan argumentasi pembenarannya, berbeda dengan teori Relativitas Einstein teramat sulit dipahami. Dan pada saat memberikan penjelasan karena adanya kontradiksi dengan ilmiah klasik, maka dengan rumitnya Einstein menjelaskan bahwa pertentengan itu hanya pada kulitnya saja.

Einstein lahir tahun 1879, di kota Ulm, Jerman. Dia memasuki perguruan tinggi di Swiss dan menjadi warda Negara Swiss tahun 1900. Di tahun 1905, ia mendapatkan gelar doctor dari Universitas Zurich. Pada tahun tersebut Einstein menerbitkan kertas kerja perihal “relativitas khusus”, perihal efek foto elektrik dan teori gerak Brown. Teori-teori Einstein sangat kontoversial, (seperti atau melebihi Charles Darwin yang juga pernah menciptakan teori yang controversial). Akibatnya di tahun 1913 dia diangkat sebagai maha guru di Universitas Berlin, dan saat yang sama menjadi Direktur lembaga fisika “kaisar Wilhelm” serta menjadi anggota akademi ilmu pengetahuan Prusia. Tahun 1921 dia memperoleh hadiah Nobel karena rumusan “teori umum relativitas”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s