Tips Mengatasi Masalah

Siapa orangnya yang gak punya masalah hayooo ngaku !
Loh kok ada yang ngaku , ups ternyata yang ngaku cuma boneka. Haa

Intinya siapa di dunia ini yang tidak mempunyai masalah, bahkan orang kaya sekalipun yang hartanya melimpah pasti mempunyai masalah. Masalah merupakan bagian dari kehidupan setiap insan.

Event penulis pun selalu dipenuhi masalah. Habis masalah satu timbul masalah dua, habis masalah dua, timbul masalah tiga, tak pernah ada habisnya, yah begitulah hidup. Ada beberapa Tips dalam mengatasi Masalah yang coba saya jalani dan Alhamdulillah membuat saya lebih lapang dalam menghadapi hidup ini.

Pahami masalah, karena masalah adalah bagian dari cerita hidup kita. Bahkan orang matipun sesudahnya masih bermasalah. Masalah bukanlah hanyalah Duka tapi juga suka, manusia diberikan dua ujian yaitu ujian kesenangan dan ujian kesedihan, menghadapi ujian kesenangan kuncinya adalah Syukur menghadapi ujian kesedihan adalah Sabar.

Lapangkan dada dengan membayangkan hati kita seluas Danau bukan seluas cangkir. Cobalah dengan memasukan sesendok garam kedalam secangkir air maka air itu akan terasa sangat asin sekali dan cobalah dengan memasukan sesendok garam kedalam danau maka air danau itu tak berubah rasanya tetap tawar. Nah begitu juga dengan hati kita bila kita memposisikan hati kita seperti cangkir maka masalah yang ada akan terasa berat, namun bila kita memposisikan hati kita sperti sebuah Danau, semua masalah yang datang maka akan terasa kecil.

Lihatlah masalah kita dan bandingkan masalah kita dengan masalah orang lain yang lebih besar, dengan itu kita akan merasa masalah kita bukanlah masalah besar dibandingkan orang itu. Saat saya menghadapi masalah keluarga, saya membaca Novel yang menceritakan kisah pribadinya Pipit Senja, maka saat itu saya merasa masalah saya tidaklah berat dibanding dengan dia.

Kembalikan masalah kepada yang memberi masalah yaitu Allah SWT, mengadulah hanya kepada-Nya, Dialah Roh yang memberikan ujian dan untuknya kita minta agar kita diluluskan dari ujian- Nya, ada beberapa pendekatan yang dilakukan untuk dekat kepada yang penguasa diri kita yaitu, Datangi rumah-rumah-Nya dan berdo’alah dengan khusyuk. Bangunlah dimalam hari dimana orang-orang sudah tertidur lelap, mengadulah. Puasalah sesuai dengan Sunnah jalani Puasa Daud (puasa yang paling istimewa dan disenanginnya) , bila tak sanggup puasalah senin-kamis, dan bila tak sanggup puasalah di tanggal 13,14,15 setiap bulan Hijriah. Sedekahlah kepada orang-orang yang membutuhkan.

Demikian sekilas Tips dari saya kalau ada yang mau nambahkan dan punya cerita tentang bagaimana menghadapi masalah tolong dishare ya diblog ini, karena saya sangat ingin kita bisa saling berbagi. Intinya jangan pernah menghindari masalah, kalau kita menghindari masalah maka akan datang masalah yang lain, adapun yang terpenting adalah bagaimana kita menghadapi masalah itu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s