Lumut

lumut

Lumut?? Apa sih lumut itu?? Lumut adalah tumbuhan yang tidak mempunyai akar, batang, dan daun sejati. Pelajaran biologi kelas satu SMA neh. Ngomong-ngomong biologi jadi ingat ma guru biologi gue di SMA dulu (dulu?? emang udah lama keluar dari sekolah tu, kan baru keluar). Yah, Sutiyo nama nya. Nama bekennya Tiyo, wali kelas waktu aku duduk di kelas yang bertuliskan XII IPA 2. Kangen pak Tiyo. Loh.. Kok jadi ngomong waktu SMA?? Kan judulnya Lumut.

Sebenar nya lumut disini adalah nama suatu perkumpulan anak bodoh (maaf ya teman, becanda kok, hee, peace) yang kurang kerjaan. Saya ceritakan mulai pertama yah. Entah kenapa aku sangat berubah saat duduk di kelas tiga SMA. Keliatan beda ketika aku masuk jurusan IPA, daripada kelas satu dulu yang anak laki-laki nya sebagian besar bisa dibilang nakal. Yah, kelas satu dulu, salah seorang murid pernah membuat guru nangis. Banyak anak laki-laki yang bolos. Anak perempuan pernah bertengkar di kelas. Tontonan anak laki-laki yang tak senonoh (bokep, gan) di dalam sebuah layar kecil yang sering dibilang handphone. Yah, setelah naik ke kelas dua, tepatnya jurusan IPA. Kayak nya jurusan IPA itu dimata orang terlihat lebih ribet, dan IPS lebih santai. Tapi menurutku IPA anaknya lebih baik, dan IPS lebih nakal. Setelah masuk IPA pun, ada perubahan. Murid laki-laki yang kelihatan baik (mungkin udah malu untuk menampilkan sisi buruknya) menjadi teman sehari-hariku. Mungkin kelas dua adalah proses adaptasi. Dan kelas tiga terasa seperti sebuah rumah yang ditinggali keluarga yang berbahagia. Walau kadang ada pertengkaran, tapi tak pernah ada yang serius seperti jambak rambut, atau pun guling-guling dilantai. Paling cuma lempar kata (lempar kata?? emang nya permainan) yang berakhir sendirinya. Wah, kenapa jadi cerita masa SMA?? Kan mau bicara Lumut?? Yah, itu pembukaan gan. Santai aja. Baiklah, kita mulai aja.

Ya, waktu kelas tiga itu juga aku merasa ingin berteman dengan semua orang (dulunya emang gak ada teman yah?? kasian..) lebih-lebih jadi sahabat. Akhirnya gabung colongan gitu deh, murid cewek lagi kumpul. Aku ikut juga, ngerumpi deh. Akhirnya jadi lebih berteman ma teman sekelas cewek. Akhirnya suatu hari kami merencanakan pergi untuk refreshing ma anak yang tadi. Eh, lebih tepatnya anak kiri, ah aneh yah. Maksudnya gini, anak-anak yang duduk di bagian kiri kelas. Mau refreshing ke tempat aneh gitu, sebenarnya bukan tempat wisata. Dan bla bla bla bla (ah, ntar deh aku ceritakan di lain waktu masalah refreshing tu). Nah, setelah berteman cukup lama, bisa dibilang sudah bersahabat. Lisa (salah satu sahabat gan) mengusulkan untuk bikin grup. Apa yah namanya?? Bagaimana kalo IJO LUMUT?? Yah, walaupun udah ada yang punya, gak apa-apa kan kalo kita ikutan bikin. Lho?? IJO LUMUT kan Ikatan JOmblo LUcu dan iMUT. Sedangkan ada dari anggota yang udah gak jomblo, aku salah satunya (waktu itu sih masih punya pacar. kenangan yang indah, tapi.. ya udahlah, gak perlu dibicarakan, gak penting). Kalo gitu, LUMUT aja deh. LUcu dan iMUT?? Narsis banget yah. Walaupun gak ada yang Lucu maupun Imut, anggap aja kami Lucu dan Imut yah (buat aja kami bangga apa susahnya sih). Anggota LUMUT pun tak tetap. Gue juga gak tau ne sapa-sapa aja yang jadi anggota sebenarnya. Gue sebutian aja deh semuanya. Pertama Lisa, kayaknya dia yang menjadi ketua di grup ini. Soalnya dia yang sering ngurusin gitu. Terus gue, Haris, cuma anggota biasa yang pengen nya hadir di setiap acara grup. Selanjutnya Dini, dia selalu bersama Lisa dalam setiap acara grup, dia rajin hadir juga, soalnya bersama sang ketua. Terus Ayu, rajin juga dalam setiap kegiatan grup, tapi kayaknya jarang lagi hadir karena di setelah lulus langsung kerja. Yah, daripada nganggur kayak kami, bagus juga tuh. Gue rasa dia juga bakal hadir terus, tapi karena dia kerja jadi gak bisa. Novi, ni anak kadang hadir, kadang gak. Yah, rumahnya agak jauh sih. Kecuali kalo acaranya kerumah dia, pasti hadir tuh. Novita, ni sama aja ma Novi, kadang hadir, kadang gak. Rumahnya agak jauh juga. Tapi semenjak dia lulus jalur SMUT, semacam PMDK gitu, dia jarang juga berkumpul, sibuk ngurus kuliah deh, sementara yang lain belum. Setelah dia selesai, giliran kami yang ngurus kuliah, dia santai aja. Jadi gak ikut event-event seperti pergi ke Banjarmasin gitu. Katanya sih dia kerja dulu mengisi waktu luang, sementara kami mati-matian mau masuk kampus yang dinginkan. Rafiq, ne juga jarang hadir, entah kenapa, mungkin urusan pribadi yang gJadi jarang keliatan deh di grup. Ema, lebih sering bersama pacar daripada bersama grup. Tapi bagus tuh, semoga langgeng sampai ke pernikahan. Risna, agak cerewet neh. Ah, no comment deh.

ijolumut

Saat pergi refreshing juga kadang juga bersama teman lain yang bukan anggota grup. Walaupun bukan anggota kan, kami juga berteman. Bisa juga pada saat yang lain pada gak bisa, kami cuma kumpul bertiga, gue, Lisa, dan Dini. Udah beberapa kali kejadian itu terjadi. Gak ada rasa kesepian tanpa yang lain walaupun cuma bertiga.

Sebenarnya nama Lumut adalah suatu nama yang tak cocok sama sekali. Kami pun jarang memuat nama grup dalam pertemuan. Gak ada kaya “Lumut, rapat yo” atau “Lumut mau refreshing”. Paling kita refreshing yo’. Kita sebagai sahabat, bukan sebagai Lumut. Entah gimana nantinya saat kami semua berpisah saat masuk kampus masing-masing. Kan ada yang di Banjarbaru, ada yang di Banjarmasin. Yah, paling tidak seminggu sekali ketemu untuk yang sekota, dan sebulan sekali untuk yang beda kota. Semoga persahabatan ini takkan putus sampai badan sudah berbau tanah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s