Hubungan Hukum Islam dengan Nilai Kuliah

Assalamualaikum wr.wb

Oke, aku gak tau lagi mau bicara apa. Ini benar terjadi. Ini bukan rekayasa. Ini juga bukan sinetron. Aku sangat percaya adanya Tuhan. Ini keajaiban Tuhan. AKU BISA MENJAWAB SOAL UAS KALKULUS. Iya, ini gak penting buat kalian, tapi ini benar-benar ajaib. Ini benar-benar keajaiban Tuhan. Sementara malam tadi sampai pagi tadi aku gak belajar Kalkulus sedikitpun. Benar-benar pemalas. Untuk UAS, sama sekali gak ada persiapan, tapi aku selalu memandang soal dari sisi pandang positif dan akhirnya aku bisa mengerjakannya. Apapun hasilnya nanti, aku akan lapang dada menerimanya. Oke, walaupun dosen pembuat soal, terbilang Dosen KILLER. Tapi kelasku di ajar oleh Dosen SLEPPER (mahasiswa akan mengantuk bila diajari oleh dosen ini). Sangat membosankan, dan banyak pula pelajaran yang tertinggal oleh kelas Dosen Killer. Kami satu kelas pun was-was akan hal ini. Tapi mau bagaimana lagi. Kami harus ikut UAS. Oke, aku ceritakan mulai pertama. Pagi hari bangun telat. Sekitar jam 7. Bangun tidur, mencuci pakaian yang direndam mulai malam tadi. Terus sarapan S*per Bubur. Ditambah segelas susu coklat panas. Akhirnya santai sambil online. Tak terasa, udah jam setengah 10. Saatnya mandi. Setrika baju. Berangkat sekitar jam 10. Sementara jam 10 itu sebenarnya UAS dimulai (kebiasaan buruk). Dan alkhirnya sampai di kampus dan aku telat. Benar, aku TELAT! Sebenarnya Dosen nya juga telat, aku masuk setelah beberapa saat Dosen masuk. Tepat setelah Dosen masuk. Semua nya sudah rapi dengan tempat duduk masing-masing. Sementara aku celingak-celinguk buat nyari tempat yang kosong. Dapat. Duduk. Lagi-lagi mengatur tempat duduk. Direnggangkan. Oke, jangan seperti anak SD lagi ya teman-teman. Skip. Aku dapat soal kode C. Mulai mengerjakan soal yang mudah. Mulai nomer satu. Anak SMP juga pasti mengerjakannya. Sebenarnya sempat nanya rumus ke teman. Soalnya aku lupa,
y = u / v
maka y’ = ??
Yupz. Bagi kalian yang masih sekolah di SMA atau sedang kuliah pasti tau kalau turunan dari fungsi tersebut adalah,
y’ = (u’.v – u.v’) / v²
Aku cuma takut tertukar antara u’.v sama u.v’. Oke, oke. Lupa bilang terima kasih ya. Terima kasih Tiya. Skip. Sampai ke nomer 4, mulai minta pencerahanan sama Yang Maha Kuasa. Dapat pencerahan, sampai ke nomer 6 terhenti lagi. Akhirnya saat itu mulai nyerah, karena benar-benar gak ada bayang-bayang buat ngerjakan soal yang terakhir, nomer 7. Soalnya seperti ini,
Diketahui f(0)=4. f’(0)=-1. g(0)=3. g’(0) = 5. Carilah nilai (f.g)’(0).
Sempat menjawab gini,
(f.g)’(0) = f’(0). g’(0) = -1.5 =- 5
Oke. Selesai. Sekarang santai. Eh, ternyata teman dibelakang Tanya sama aku. Minta kerjakan nomer ini katanya. Kebetulan 2 orang kakak dan satu anak Reg B yang berada di belakang aku kode soalnya A. Mereka curang, mengambil kode soal yang sama agar dapat bercontekan. Oke, karena aku bisa, aku kerjakan deh. Eh, kakak yang di sebelah aku ikut-ikutan kode soal D dan terpaksa aku kerjakan pula. Oh ya, yang pertama kali minta kerjakan sebenarnya yang di sebelah kanan aku. Anak Reg B. ku kerjakan separo dank u suruh dia ngelanjutin, karena waktu itu aku belum selesai. Oke, saat Dosen berkata,
”10 menit lagi waktunya habis!”
Aku mulai ragu dengan jawaban nomer 7. Aku Tanya sini, tanya sana. Akhirnya ada salah satu teman yang membawa aku ke cahaya kebenaran. Yak. Jawabannya gini,
(f.g)’(0) =[ g(0) + f’(0) ] . [ f(0) + g’(0) ] = (3-1).(4.5) = 18
Oke, aku gak tau dia dapat rumus aneh ini dari mana. Tapi aku harus berterima kasih kepadanya karena ketika aku melihat jawaban itu aku ingat rumus yang aku lupa tadi (gak lupa, aku ingat untuk rumus yang ini). Rumus yang di atas. Tapi yang dalam bentuk perkalian.
y = u . v
y’ = u’.v + u.v’
Aku terkecoh karena melihat fungsi. Aku bergegas menjawab. Waktu habis. Tapi masih banyak yang belum ngumpul. Padahal dosen sudah member tahu kalau waktu habis.
(f.g)’(0) =[ f’(0) . g(0) ] + [ f(0) . g’(0) ] = (-1 . 3 ) + ( 4 . 5 ) = 17
Oke. Selesai. Sekarang malah yang dibelakang minta jawabin lagi yang nomer 7. Karena aku bisa, aku pengen bantu. Tapi malah dosen bicara,
“Kumpul!! Kumpull!!”
Ya, udah. Gak jadi. Sedikit pendapat dari ku. Sebagai anak Matematika, kita harus mencintai Matematika seutuhnya. Seperti aku, sejak kecil aku sudah suka dengan Matematika, sementara teman-teman ku tidak tidak suka. Aku bingung, seberapa menakutkannya Matematika bagi mereka? Apakah seperti Trigon0metri?? Oke, pesan buat kakak dan teman di Matematika. Mulai dari berkenalan dengan Matematika, lalu PDKT, dan akhirnya berpacaran denagn Matematika. Janganlah membenci Matematika, karena Matematika selalu ada dalam kehidupan kita, selalu hadir setiaap hari, tidak pernah alpa walau hari libur (layaknya liburan Tahun Baru yang masih ribut masalah UAS Matematika). Matematika akan selalau menghantui kita, terlebih lagi kita adalah Mahasiswa Matematika dan kelak akan menjadi Guru Matematika. Be Loved with Mathematics.

Oke, UAS berakhir. Saatnya menuju kantin di PGSD. Bersama Radit, Tiya dan Giegie. Di perjalanan, kami membahas nilai. Karena aku sedikit lebih mengetahui, jadi aku jelaskan ke mereka. Untuk nilai D, bisa mengambil mata kuliah selanjutnya, seperti Kalkulus 2, tapi wajib mengulang. Untuk nilai C, lulus, boleh mengulang untuk memperbaiki nilai atau tidak, ibarat dalam hukum Islam adalah mubah. hukum . Untuk nillai E, wajib mengulang dan tidak bisa mengambil mata kuliah lanjut. Mungkin itu yang saya ketahui, maaf kalau salah (mahasiswa baru, maklum)
Akhirnya kami mengambil kesimpulan, diibaratkan melalui hukum Islam
E = haram (wajib mengulang)
D = makruh (kurang baik, dan harus mengulang)
C = mubah (boleh mengulang, boleh tidak)
B = sunah (sudah baik, tapi lebih baik lagi kalau dapat A)
A = WAJIB! (wajib dapat A untuk semua mata kuliah)
Langsung kami tulis untuk status facebook. Kalian bisa cek sendiri.
Status Haris.
Status Radit.
Status Tiya.
Status Giegie.

Oke, yang terakhir yang mau aku kasih tau.
doraemon

Kalian tau kan itu apa?? Gak tau?? Oke, nih aku perbesar!

doraemon

Sudah tau kan?? Nah, itu komik. Komik doraemon yang terselip di tas laptop aku waktu aku pulang kampung tahun baru kemarin. Akhirnya aku baca komik itu. Dan tak ada persiapan lagi buat UAS Ilmu Alamiah Dasar besok. Keep Lazy and Lucky
Sekian dan terima kasih.
Wassalamualaikum wr.wb

Tinggalkan Balasan

