Alay

Sejak ditemukanya istilah alay, banyak bermunculan orang-orang alay di Indonesia. Alay sendiri merupakan kepanjangan dari anak layangan. Alay didefinisikan sebagai orang yang penampilannya seperti anak yang suka main layangan, berambut pirang karena sengatan sinar matahari dan bergaya sok-sokan. Istilah alay sebenarnya kurang tepat karena tidak semua yang alay itu seperti anak layangan. Walaupun begitu, istilah alay masih tetap digunakan hingga sekarang. Dari hasil penelitian oleh orang-orang alay, ternyata banyak juga remaja di Indonesia yang alay-alay.
https://hahar.files.wordpress.com/2011/01/alay.jpg?w=300

 

Pengertian alay sangat luas. Namun bila dilihat dari bentuknya, alay dibagi menjadi tiga macam. Berikut 3 jenis alay diihat dari bentuknya.

1. Alay dalam berpenampilan
Alay jenis ini biasanya banyak ditemukan di sekolah-sekolah SMA. Yang termasuk penampilan alay adalah mereka yang bergaya rambut seperti artis dan sedikit atau banyak diberi warna namun gayanya masih tetap kampungan, bahkan suka tawuran.

2. Alay dalam tulisan
Yang termasuk tulisan alay adalah tulisan yang mengandung unsur-unsur angka yang diletakkan di awal, tengah, atau akhir kata dan angka tersebut disamakan layaknya huruf. Tulisan yang menempatkan huruf-huruf besar yang tidak semestinya dan menyingkat kata-kata yang tidak perlu disingkat juga termasuk tulisan yang alay. Tulisan seperti ini biasanya digunakan untuk SMS-an, update status facebook, ataupun ngetweet di twitter.
Contoh: aMo3 gg tw ea kLo q tch cynq bngWdz 5 aM03…

3. Alay dalam berbicara
Orang alay ada juga yang mempunyai ciri khas dalam berbicara. Mereka sedikit memajukan lidahnya saat berbicara sehingga suaranya terdengar seperti orang yang cadel (sulit untuk mengatakan huruf “R”).

Memang itulah fenomena alay yang tak terhindarkan di Indonesia. Istilah alay berbeda dengan lebay. Alay merupakan penampilannya, sedangkan lebay adalah tingkah laku yang dimiliki kebanyakan orang alay. Dari bacaan di atas, apakah Anda termasuk orang yang alay?

One thought on “Alay

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s