Pondasi dalam Hubungan

Assalamualaikum wr.wb.

Menurutku hanya ada tiga kata yang bisa dijadikan pondasi dalam hubungan. Yap, hanya tiga.

Keterbukaan.
Aku rasa bukan hal yang mudah untuk bisa bicara terbuka dengan seseorang. Mungkin rasa takut yang akan ada. Takut karena dia tidak bisa menerima dengan apa yang sedang kita pikirkan. Bukan hal yang mudah, tapi akan menjadi lebih baik jika dia tau apa yang sebenarnya kita mau, apa yang kita inginkan. Karena dia tidak akan pernah tau kalau kita tidak terbuka terhadapnya. Jika seorang wanita menangis dan diam tak mau bicara, pria tidak akan tau harus berbuat bagaimana, karena perasaan pria tak sesensitif perasaan wanita. Tapi kenapa wanita selalu ragu untuk memulai pembicaraan?? Kenapa!? Beberapa wanita pasti akan menjawab, “Aku takut”. Takut jika apa yang kita inginkan justru akan menambah beban pikirannya, takut jika apa yang kita mau tidak disetujui olehnya, takut jika apa yang kita pikirkan selama ini hanya akan membawa bencana. Mungkin itu adalah kesalahan. Karena mencoba untuk memendam satu pikiran, maka akan banyak pikiran lain yang kita pendam. Dan kita akan semakin sulit untuk mengungkapkannya, atau mungkin pikiran-pikiran itu akan meledak selayaknya bom atom yang sangat dahsyat disaat kita sedang emosi. Hal itu justru akan menjadi sebuah bencana. Bicarakan apa yang ingin dibicarakan dengan santau, tidak perlu dengan marah-marah. Yup, keterbukaan itu penting.

Kejujuran.
Kejujuran sangat diperlukan dimanapun dan kapanpun, apapun profesi kita, kita butuh kejujuran. Percaya atau tidak, jujur dan bohong adalah suatu kebiasaan. Orang yang terbiasa bicara jujur maka orang itu akan merasa tidak enak, tidak nyaman, merasa bersalah, merasa berdosa ketika dia melakukan suatu kebohongan. Beda halnya dengan orang yang terbiasa berbohong. Ya biasa saja meskipun dia telah berkata tidak jujur dan berbuat kebohongan. Tapi aku yakin meskipun mereka sudah terbiasa, pasti suatu saat mereka akan sangat menyesal karena kebohongan-kebohongannya, satu kebohongan akan menimbulkan kebohongan-kebohongan yang lain. Begitu juga dalam menjalin hubungan, kejujuran perlu diutamakan. Kalau tidak percaya, cobalah sekali saja untuk membohonginya, syukur kalau dia tidak mengetahuinya. Tapi aku yakin kamu tidak akan hanya membuat satu kebohongan, karena kamu pasti akan membuat kebohongan lain untuk menutupi kebohonganmu. Dan apa kamu sudah pikirkan apa akibatnya jika dia sampai tau kalau kamu berbohong? Yang pasti dia tidak akan mempercayaimu lagi. Jujurlah meski menyakitkan, karena akan lebih menyakitkan lagi kalau kamu berbohong.

Kepercayaan.
Mempercayai dan dipercayai adalah hal yang sangat berharga. Tak akan pernah ada suatu hubungan yang akan bertahan tanpa ada rasa percaya, aku sudah pernah mengalaminya. Rasa curiga adalah racun. Cobalah sekali saja curiga terhadap apa yang dilakukannya selama dia tidak bersamamu. Mungkin curiga akan dapat membunuh rasa cinta yang telah kamu bangun sekian lama. Percayalah dengan apa yang dia katakan, itu akan membuatmu lebih nyaman. Katakan padanya kamu selalu mempercayainya dan mintalah untuk menghargai kepercayaan yang kamu berikan dengan cara tidak berbohong. Dia akan mengerti jika dia memang orang yang baik. Dan jika dia justru memanfaatkan kepercayaanmu, kamu lebih tau dia yang sebenarnya dan kamu tau apa yang seharusnya kamu lakukan selanjutnya.

Wassalamualaikum wr.wb.

2 thoughts on “Pondasi dalam Hubungan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s