Sehari Sebelum Ramadhan

Dua tahun lalu. Masih bisa merasakan nikmatnya masakan mama. Masih bisa mendengar ocehan mama sementara matahari belum terlihat, ayam belum berkokok. Tapi dua tahun lalu dipaksa meletakkan kaki ke sekolah demi mempersiapkan ujian akhir agar lebih matang. Dua tahun lalu harus merasakan betapa indahnya paduan antara stessnya belajar, panasnya terik matahari dan suara perut yang mengaum tiap saat.

Teringat akan kemarin, saat aku baru saja jauh dari keluarga. Pertama kalinya jauh dari keluarga. Teringat akan kemarin, saat baru mengenyam pendidikan yang terbilang sudah tinggi. Saat dituntut menjadi mandiri. Teringat akan kemarin, saat Ramadhan tanpa keluarga. Sahur dengan nasi tanpa rasa. Lauk tanpa selera. Berbuka puasa di rumah Allah terdekat. Walaupun terbilang orang asing, aku disambut ramah oleh warga sekitar. Teringat akan kemarin, saat bolos tarawih demi acara perpisahan bersama teman sekelas.

Tak terasa setahun berlalu. Setahun sudah mengenyam pendidikan yang tidak semua orang bisa merasakannya. Setahun sudah semenjak perpisahan bersama teman SMA itu. Setahun sudah merantau di kota orang demi menimba ilmu. Setahun sudah semenjak Ramadhan tahun lalu.

Dan sekarang, Ramadhan akan terasa indah tanpa gangguan masalah kuliah. Karena Ramadhan kali ini bertepatan dengan libur semester. Libur panjang untuk aku dan teman sebayaku. Kata mereka, orang yang lebih tua yang sering kami sebut kaka, liburan semester dua adalah satu-satunya libur panjang selama kuliah. Sementara tidak akan memikirkan kuliah dulu. Mungkin akan ada sedikit gangguan, beberapa hari di bulan Ramadhan akan digunakan untuk persiapan acara tahunan itu. Acara yang membuat mahasiswa baru mengenal lebih dalam tentang kampus, telebih tentang kegiatan kuliah mereka nanti.

Tak terasa besok hari sudah dinyatakan Ramadhan. Semoga Ramadhan kali ini penuh berkah. Saya sebagai penulis mengucapkan selamat berpuasa dan saya meminta maaf kepada teman-teman kalau ada salah.

Artikel dari detikcom yang cocok untuk dibaca saat ini, “6 Langkah Sehat Sehari Sebelum Berpuasa” http://de.tk/ohemP

Pelaihari, 31 Juli 2011
Haris Saputera

2 thoughts on “Sehari Sebelum Ramadhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s