Sebulan Sudah

Kamis itu aku datang kerumahnya bersama Uya. Pertama kali bertemu dengan alasan meminjamkan buku dan aku pinjam fd. Orangnya supel, baru kenal sudah SOK akrab. Kebiasaanku muncul, minta minum kalau dirumah orang, akhirnya disuguhkan dua gelas es mocca. Aku ingat kejadian itu. Pertama kali aku lihat dia di kelas pada hari Rabu waktu kuliah Pendidikan Agama Islam. Memakai kacamata, berkerudung. Dan pada saat bertemu dirumah, tanpa kacamata dan TANPA KERUDUNG! Sangat beda. Jauh! Dan tau kah kalian? Aku tidak akan bisa dekat dengan orang tanpa kerudung, cukup menggairahkan. Dan jangan coba mendekatiku, apalagi berharap jadi pacarku, apabila ketemu diluar tanpa kerudung. Lanjut ke cerita. Semoga dia orang yang baik-baik. Wajar kan kalau tidak berkerudung dalam lingkungan rumah!? Tapi ini pertemuan yang direncanakan, harusnya dia sedikit lebih sopan. Yasudahlah

“sebulan sudah ternyata, hahay”, begitulah status yang keluar dari akun fb Noorliana Septikarini pada tanggal 22 Oktober 2011. Dan aku yakin itu ditujukan kepada tanggal pertemuan kami. Tak kusangka dia mengingat tanggal itu. Aku sendiri bahkan lupa dengan tanggal itu jika tidak diberitaukan melalui status itu. Sebulan sudah. Dan baru sebulan, kita sudah terlalu dekat. Sudah terlalu banyak yang mengira kami pacaran.

Kami hanya teman dekat. Saking dekatnya, aku bahkan ditawari jadi nanang dalam acara resepsi pernikahan kakak Tika nanti. Untuk menemani sang galuh yang tidak lain adalah adik mempelai sendiri, yaitu Tika. Aku ragu, sangat ragu. Bahkan aku tidak menyangka bisa semudah ini menerobos masuk ke dalam keluarga Tika. Tak kusangka ada hubungan selancar ini. Aku sangat ingin menerima tawaran itu, tapi disisi lain aku takut mengecewakan keluarga Tika. Dan hal lain yang membuatku takut, kemungkinan keluargaku akan diundang (semoga tidak), dan kalau mereka bisa hadir dalam acara resepsi pernikahan Tika, maka akan terjadi hubungan yang terlalu jauh. Takutnya akan terjadi pernikahan dini. Sepertinya khayalanku terlalu tinggi, lupakan.

“awali pagi dengannya, walau hanya sebentar (tak disangka)”, status ini ditujukan kepadaku lagi. Pagi itu aku antar dia ke kampus, padahal belum mandi. Cuma pakai jaket, serta celana pendek langsung jemput kerumahnya dan antar ke kampus. Hari itu dia tak bisa diantar ayahnya seperti hari biasanya karena ayahnya bersama kakaknya ke bandara pagi itu, entah ngapain. Terus mama juga berangkat kerja mulai jam 6, jadi gak bisa nebeng mama katanya. Dia juga gak merengek kepadaku untuk minta antar, “kalau gak bisa ngantar gak apa-apa kok, tika gak mau dibilang memanfaatkan kakak”. Hmm, satu lagi sikapnya yang membuatku kagum, walau sudah banyak sikapnya yang membuatku ilfeel.

Dan hari ini dia bilang, “tadi mama betakun, tika km pacaran lo wan haris!?”. Aku balas dan pada sms selanjutnya dia bilang lagi, “tika pacaran wan haris lo?, jar mama. tika jawab, akrab ja masih ma’ae. kenapa grang ma?. kada papa’ae, orangnya baik, pintar, dan lain-lain, jar mama. habis itu senyum’ae ge tika (selalu ingat kata-kata kakak, harus jujur!)”. Argh. Sampai mama Tika pun mengira kami sudah pacaran. Aku masih belum bisa menerima kenyataan ini. Dan ada beberapa tambahan, “Bu, aku tak sebaik yang kamu lihat dan aku tak sepintar yang kamu kira”.

Dia ingat kata-kataku untuknya, “jangan suka bohong lagi.. gak ada gunanya.. membohongi orang lain sama saja membohongi diri sendiri.. biasakan jujur, maka akan terbiasa jujur..”. Hari ini dia mengungkit kata-kata itu lagi. Dia sudah berusaha menggunakannya dalam kehidupannya, dia berusaha jujur apapun yang terjadi. Sementara aku!? Aku yang memberi pesan itu masih belum jujur kepadanya. Maaf.

Pelaihari, 29 Oktober 2011
Haris Saputera

Tinggalkan Balasan

