Selamat Ulang Tahun, Qi

Ku coba luangkan waktu berhargaku untuk menulis seonggok coretan. Sengaja ku abaikan tugas perdanaku, hanya untuk mengutamakan tulisan ini.

Haruskah dimulai dengan kata maaf!? Aku rasa tidak. Aku rasa aku tidak bersalah.

*sejam kemudian*

Oke, aku akan coba mengurangi sedikit egoku, hanya sedikit. Aku minta maaf. Malam itu aku benar-benar lupa. Mungkin kelalaianku telah melupakan tanggal penting. Bukan berarti tanpa alasan. Akhir-akhir ini kondisi badan masih belum sepenuhnya sempurna. Ada sedikit rasa capek serta beberapa linu setelah tiga minggu penuh menjalani rangkaian ospek. Mulai persiapan sampai penutupan. Sangat tidak sebanding dengan beberapa surat kagum yang didapat. Ataupun Gelar “kakak terlebay” yang didapat juga tidak dapat menggantikan kepenatan ini.

Maaf, kali ini bukan aku orang pertama yang mengucapkan ulang tahun. Malam itu aku benar-benar lupa. Malam itu bukan malam seperti biasanya, tidurku tidak nyenyak. Nyamuk dirumah sangat anarkis malam itu, seolah ingin menyuruh aku untuk bangun beberapa saat dan mengucapkan beberapa patah kata ulang tahun. Namun otak ku belum sampai untuk mencernanya. Nyamuk yang anarkis malam itu aku anggap hanya efek samping dari hujan deras sorenya. Sudah jadi kebiasaan, nyamuk datang saat musim hujan. Sempat beberapa kali terbangun, untuk menyalakan obat nyamuk. Nyamuk tetap anarkis, kemudian menutup diri dengan selimut, nyamuk masih saja anarkis. Berakhir pada hembusan kipas angin yang menghilangkan para nyamuk. Niat nyamuk malang itu sebenarnya sederhana, mengingatkanku kalau malam itu adalah malam penting. Bodohnya aku.

Beberapa hari lalu, sebenarnya Nur sempat mengingatkan kalau sebentar lagi ulang tahun Qiqi. Iya, aku juga tau dan aku tidak lupa saat itu. Kemarin sore pun aku masih ingat hari ini adalah ulang tahun Qiqi. Sempat ngomong sama Dendi juga kemarin sore, “besok ulang tahun mantan aku, ada saran Den!?”. Dia nasehatin, “Move on, Har!! Lupakan mantan”. Namun apa daya malam tadi benar-benar lupa, blank.

Saat terbangun jam 4 pagi, aku baru sadar kalau hari ini ulang tahun Qiqi. Aku juga sudah malas kalau tidak jadi yang pertama.

Untuk kado, Qiqi sempat minta Doraemon sama aku. Dua tahun lalu aku beri buku Raditya Dika, bukan maunya dia. Entah dia suka atau tidak, yang penting aku suka. Raditya Dika adalah panutanku dalam menulis blog sejak dua tahun terakhir. Tahun lalu aku beri boneka bekantan. Ini maunya dia, nggak sengaja pernah liat twit dia yang pengen boneka bekantan. Nyarinya susah abis. Untungnya berakhir manis. Haruskah tahun ini boneka lagi!?

Kado tahun ini belum ada di tangan, masih bingung mau ngasih apa, juga bingung masalah dana nya. Rencana ngantar sebenarnya sudah ada. Sabtu ini ada acara kunjungan ke FKIP Banjarbaru, entah bisa nyimpang ke FK atau tidak. Terus Selasa depan ada Olimpiade Sains yang dilaksanakan di FMIPA Banjarbaru, mungkin bisa sekalian. Tapi yang jadi masalah sekarang, kado nya mana!?

Nulis apa lagi!? Nggak tau mau ngomong apa lagi, kehabisan materi. Tadinya banyak yang mau disampaikan, tapi lupa bikin konsep.

Intinya, selamat ulang tahun, Qi. Semoga menjadi pribadi yang dewasa. Jangan pernah cepat puas, jalan masih panjang. Aku harap kamu bisa melewati hari sulitmu tanpa tangisan lagi. Kamu bukan hanya seorang pemimpi belaka, aku yakin kamu bisa merubahnya menjadi kenyataan. Delapan belas tahun masa boneka lagi!? Pikir dulu gih.

Sekali lagi aku minta maaf, kali ini bukan aku orang pertama yang mengucapkan ulang tahun. Tapi aku harap aku adalah yang terakhir.

Thanks God, tulisanku selesai sebelum tanggal 19 berakhir. Waktunya untuk tugas sebelum jam 07.30 besok harus sudah di print.

Tinggalkan Balasan

